Senin, 14 Juli 2008

Teater Parodi Blogger

Dari Pembaca, Majalah Gatra, 14 Januari 2005


Mahasiswa Universitas Harvard punya majalah Lampoon untuk meledek politisi AS yang tidak becus. Sasaran tembak yang utama, apalagi, kalau bukan Presiden. Laporan mengenai ulah blogger Herman Saksono (Gatra, 24/12/2005) yang dengan cerdas memanipulasi foto tokoh-tokoh terkenal dalam foto mirip anak penguasa Orba dan artis selingkuhannya, mengundang senyum. Konteks yang ia hadirkan, menggelitik.

Tetapi berbeda dengan reaksi para pembaca Lampoon, sebagian yang merasa dekat dengan lingkar kekuasaan dari objek manipulasi foto dalam blog itu banyak yang merasa tersinggung. Biasa, yang mudah dan cepat marah itu justru para kopralnya. Bukan jendralnya. Akibatnya, pentas teater ikutan seputar tayangan blognya Herman tersebut menjadi semakin dobel-dobel lucunya.

Bagi saya, yang sangat dan paling lucu adalah saat seseorang yang konon dikenal sebagai pakar IT, mempermasalahkan situs-situs blog lain yang sukarela memasang hyperlink untuk blognya Herman. Menurut saya, ia sama sekali buta terhadap karakter media bebas berbasis digital ini.

Adalah B.L. Ochman, ahli strategi humas dan pemasaran bersenjatakan blog, memberi kiat jitu : link like crazy. “Aspek penting perbedaan antara memposting tulisan di blog dengan jurnalisme pohon mati (media kertas), para blogger itu wajib gila-gilaan membuat link untuk tulisannya”, tuturnya.

Blog adalah senjata ampuh Partai Demokrat AS di Pemilu 2004. Pentolannya, Joe Trippi. Tetapi kalau Partai Demokrat di sini “memelihara” ahli TI yang buta blog, anti blog, dan tidak mendapat simpati dari komunitas blogger, apa advantage dari kehadiran si pakar TI itu ?

Apalagi meremehkan isi kepala Herman Saksono, Priyadi, Enda Nasution dan ribuan blogger lainnya, adalah ibarat melawan takdir jaman. Silakan teliti isi majalah Business Week (awal Mei dan 12/12/2005) atau pun Fortune (Januari 2005).


Bambang Haryanto
Komedikus Erektus !
(http://komedian.blogspot.com)
Jl. Kajen Timur 72 Wonogiri 57612
Email : humorliner (at) yahoo.com

scc

Tidak ada komentar: