Senin, 14 Juli 2008

Tujuh Keajaiban Alam Indonesia

Surat Pembaca-Harian Kompas Jawa Tengah, Selasa, 18 September 2007



Dalam pelbagai literatur, Candi Borobudur tidak pernah masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia. Peluang bangsa Indonesia dengan kekuatannya sendiri untuk secara “resmi” memasukkannya sebagai salah tujuh keajaiban dunia yang baru, yang dibuka oleh The New7Wonders Foundation sejak 2001, baru saja kita sia-siakan.

Pemerintah kita yang cadok, gagap teknologi dan telat mikir, membuat potensi suara populasi warga Indonesia yang 200-an juta lebih untuk mengikuti jajak pendapat itu hanya muspra adanya.

Kini hadir peluang lain. Yayasan yang sama kini membuka jajak pendapat melalui Internet hingga 08-08-08 dalam menentukan Tujuh Keajaiban Alam Baru Dunia. Tergerak untuk tidak mengulangi blunder yang sama dan tidak usah menunggu prakarsa pemerintah, maka kami Epistoholik Indonesia (EI) dan Republik Aeng-Aeng berprakarsa meluncurkan kampanye nasional, menggalang warga Indonesia untuk mengikuti jajak pendapat tersebut.

Berdasarkan kajian kami, maka situs-situs yang kami nominasikan untuk dipilih meliputi (ditulis dalam bahasa Inggris untuk memudahkan mengisi jajak pendapat) : Komodo National Park (kategori : Animal Reserve), Lorentz National Park (Nature Conservancy Park), Sangiran (Prehistoric natural site), Ujung Kulon National Park (Nature Conservancy Park) dan Tropical Rainforest Heritage of Sumatra (Forest, Wood). Kelima situs itu sudah terdaftar sebagai situs warisan dunia oleh Unesco. Ditambah Heart of Borneo (Nature Conservancy Park) pilihan WWF dan Coral Triangle Papua (Nature Conservancy Park).

Daftar ini dapat diperkaya dengan situs-situs lainnya, asal saja yang berada di tanah air kita tercinta. Peserta jajak pendapat, silakan akses ke http://www.natural7wonders.com/. Anda akan diminta mengisi tujuh kolom isian, yaitu nama situs yang dinominasikan, jenis kategori dan asal negaranya. Syaratnya adalah memiliki alamat email yang valid. Seperti jajak pendapat yang lalu, peserta dimungkinkan melakukannya tidak hanya satu kali saja.

Ayo bangkit bangsa Indonesia. Kini Anda dan kita semua memiliki kekuatan sendiri untuk mampu mengangkat tinggi-tinggi khasanah alam kebanggaan negeri tercinta ini untuk didaulat sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam yang baru. Beraksilah, sekarang juga dan sebarkanlah ajakan ini seluas-luasnya. Terima kasih.

Bambang Haryanto
Warga Epistoholik Indonesia
Jl. Kajen Timur 72 Wonogiri 57612
Email : humorliner(at)yahoo.com

Mayor Haristanto
Republik Aeng-Aeng
Jl. Kolonel Sugiyono 37 Solo
Email : presiden_pasoepati(at)yahoo.com

scc

Tidak ada komentar: